Berat badan maternal pdf

Pengaruh umur kehamilan terhadap risiko kejadian BBLR Untuk mengetahui umur kehamilan dengan mengetahui hari pertama haid terakhir HPHTsedangkan secara klinik umur kehamilan dapat diketahui dengan mengukur berat lahir, panjang badan, lingkaran kepala.

Pengaruh penyakit yang diderita ibu terhadap kejadian BBLR Beberapa jenis penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi sirkulasi darah janin. Karena selama hamil zat-zat gizi akan terbagi untuk ibu dan untuk janin yang dikandungnya.

ASI juga dapat dikeluaekan dan diberikan pada bayi yang tidak cukup mengisap. Pengaruh status gizi ibu terhadap kejadian BBLR Bila ibu mengalami kekurangan gizi selama hamil akan menimbulkan masalah, baik pada ibu maupun janin, seperti diuraikan berikut ini: Suhu inkubator dikontrol oleh alat servomechanism.

Bila bayi dirawat dalam inkubator, maka suhunya untuk nayi dengan berat badan kurang dari gram adalah 35 0C dan untuk bayi dengan BB gram sampai gram 34 0C, agar ia dapat mempertahankan suhu tubuh sekitar 37 0C.

Alat ini berguna untuk mengurangi kehilangan panas karena radiasi. Ibu dengan pendidikan yang berat badan maternal pdf akan melakukan hal-hal yang diperlukan oleh bayi. Alat ini sangat bermanfaat untuk bayi dengan berat lahir yang sangat rendah.

Pengaruh umur ibu saat hamil terhadap kejadian BBLR Hendaknya ibu merencanakan kehamilannya pada kurun waktu umur produksi sehat yaitu tahun. Kelembaban yang lebih tinggi diperlukan pada bayi dengan syndroma gangguan pernapasan. Ginjal masih belum matang Kemampuan mengatur pembuangan sisa metabolisme dan air masih belum sempurna sehingga mudah terjadi oedema 6.

Setelah minggu ke mulai terdapat perbedaan antara pertumbuhan janin laki-laki dan perempuan. Terhadap Persalinan Pengaruh gizi kurang terhadap proses persalinan dapat mengakibatkan persalinan sulit dan lama, persalinan sebelum waktunya prematurperdarahan setelah persalinan, serta persalinan dengan operasi cenderung meningkat.

Sesudah bayi mengadakan inspirasi, tidak tertinggal udara residu dalam alveoli, sehingga selalu dibutuhkan tenaga negatif yang tinggi untuk yang berikutnya Asfiksia neonetorum Bayi dismatur sering mendapatkan hiperbilirubinemia, hal ini mungkin disebabkan karena gangguan pertumbuhan hati.

Komplikasi menurut Mitayani,ada beberapa komplikasi yang dapat muncul bila tidak mendapat penanganan yang tepat dengan cepat: Alat ini ditempelkan dikulit bayi. Tetapi hal ini refersibel dan akan memberikan respon yang baik apabila nutrisi diperbaiki.

Meningkatnya kkal untuk bertumbuh. Bila inkubator tidak ada, pemanasan dapat dilakukan dengan membungkus bayi dan meletakkan botol-botol hangat disekitarnya atau dengan memasang lampu petromaks di dekat tempat tidur bayi atau dengan menggunakan metode kanguru.

Di Indonesia anemia umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga lebih dikenal dengan istilah Anemia Gizi Besi.

Resiko kematian maternal, angka prematuritas, berat badan bayi lahir rendah, dan angka kematian perinatal meningkat. Paru-paru yang belum matang dengan peningkatan kerja bernafas dan kebutuhan kalori yang meningkat.

Tetapi diagnosis dini dapat ditegakkan jika cukup waspada terhadap perubahan kelainan tingkah laku bayisering merupakan tanda infeksi umum. Pengaruh pelayanan antenatal terhadap kejadian BBLR Pelayanan antenatal ini diperuntukkan guna memantau perkembangan kehamilan ibu, frekuensi minimal 4 kali selama kehamilan.

Bila mengkonsumsi alkohol pada trimester kedua saat terjadi perkembangan ukuran sel, maka akan berpengaruh pada berat janin yang dikandungnya. Sindrom aspirasi mekonium menyebabkan kesulitan bernapas pada bayi Hipoglikemia simptomatik, terutama pada laki-laki Penyakit membran hialin: Hal ini jelas berpengaruh positif terhadap pertumbuhan janin dalam kandungannya.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Pernapasan Jalan napas merupakan jalan udara melalui hidung, pharing, trachea, bronchiolus, bronchiolus respiratorius, dan duktus alveoleris ke alveoli. Sebaliknya pendidikan yang rendah akan sulit bagi seorang ibu untuk menerima inovasi dan sebagian besar kurang mampu menciptakan kebahagiaan dalam keluarganya, selain itu kurang menyadari betapa pentingnya perawatan sebelum melahirkan.

Pemeriksaan antenatal yang teratur akan memberikan kesempatan untuk dapat mendiagnosis secara dini masalah-masalah yang dapat menyulitkan kehamilan maupun persalinan, sehingga dapat dilakukan tindakan yang tepat secepatnya.

Semua produk kulit misal: Kehilangan panas disebabkan oleh permukaan tubuh bayi yang realtif lebih luas bila dibandingkan dengan berat badan, kurangnyua jaringan lemak dibawah kulit, dan kekurangan lemak coklat Brown Fat.

Pada hipertensi dan penyakit ginjal kronik misalnya, terjadi gangguan peredaran darah dari ibu ke janin karena gangguan sirkulasi sistemik, sehingga nutrisi untuk janin berkurang dan menyebabkan pertumbuhan janin yang terhambat. Ikterus dapat diperberat oleh polisetemia, memar hemolisias dan infeksi karena hperbilirubinemia dapat menyebabkan kernikterus maka wama bayi harus sering dicatat dan bilirubin diperiksa, bila ikterus muncul dini atau lebih cepat bertambah coklat.

Keadaan sosial ekonomi: Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil melalui program kesehatan ibu dan anak, penyuluhan-penyuluhan kesehatan selama ibu hamil. Hepar yang belum matang immatur Mudah menimbulkan gangguan pemecahan bilirubin, sehingga mudah terjadi hyperbilirubinemia kuning samai ikterus 5.

Keadaan ini akan menyebabkan kompetisi dalam mendapatkan nutrisi antara ibu yang masih dalam tahap perkembangan dan janinnya. Dalam kondisi seperti ini diperlukan pembersihan jalan napas segera setelah lahir aspirasi lendirdibaringkan pada posisi miring, merangsang pernapasan dengan menepuk atau menjentik tumit.

Bila tindakan ini gagal, dilakukan ventilasi, intubasi endotrakheal, pijatan jantung dan pemberian oksigen dan selama pemberian intake dicegah terjadinya aspirasi.

Dengan cara ini suhu kulit bayi dapat dipertahankan pada derajat yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengaruh kadar haemogloin ibu terhadap kejadian BBLR Anemia dapat didefenisikan sebagai kondisi dengan kadar Hb berada dibawah normal. Hampir semua lemak, glikogen, dan mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor dan seng dideposit selama 8 minggu terakhir kehamilan.66 DAFTAR PUSTAKA Adiba.

F. Hubungan Pertambahan Berat Badan Selama Hamil Dan Faktor Lain Dengan Berat Badan Lahir Di Rumah Bersalin Lestari. Angka kematian neonatal Indonesia menduduki peringkat ke tertinggi di dunia disebabkan kejadian bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) yang tinggi.

Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ). Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari Author: Doni Ice. pengaruh preeklamsia berat pada kehamilan terhadap keluaran maternal dan perinatal di rsup dr kariadi semarang tahun the effect of severe preeclampsia in pregnancy.

FAKTOR MATERNAL DAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL YANG BERISIKO TERHADAP KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) Studi Pada Ibu Yang Periksa Hamil Ke Tenaga.

Artikel Jurnal Pengukuran Berat Badan Pdf. ABSTRACT.

Artikel Jurnal Pengukuran Berat Badan Pdf

Ratih Kusuma Dewi, Arkhan Subari, dalam desain kertas dan aplikasi pengukuran tinggi badan, berat badan, suhu tubuh, dan tekanan berdasarkan miktrokontroler atmega16 menjelaskan bahwa sekarang hampir semua penggunaan otomatisasi, baik dalam dunia kesehatan.

Berat badan maternal pdf
Rated 0/5 based on 44 review