Makalah diet pada penyakit gagal ginjal

Bagaimana prinsip diet gagal ginjal kronis? Ujar Ibu CH 3.

Banyak gejala uremia membaik setelah dialisis. Pengobatannya meliputi pencapaian dan pemeliharaan berat badan ideal serta mengurangi asupan kolesterol dan lemak jenuh. Untuk mengetahui prinsip diet gagal ginjal akut. Gejala susunan saraf pusat berupa insomnia, sakit kepala, mimpi buruk sampai delirium.

Filtrat yang dihasilkan akan masuk ke dalan tubulus ginjal. Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik Menderita penyakit kanker cancer 5. Penatalaksanaan Farmakologi Pasien GGK memerlukan sejumlah obat untuk mengendalikan gejala yang menyertai disfungsi ginjal.

Ketimbangan protein nabati yang nilai biologisnya lebih rendah, maka penggunaan sumber protein hewani dengan nilai biologis yang tinggi seperti telur daging, ikan, dan ayam harus dianjurkan.

Saat organ ginjal terganggu, ia tak lagi menjalani fungsinya dengan baik. Hiperlipoproteinemia tipe II Disebut juga hiperkolesterolemia familial, merupakan suatu penyakit keturunan yang mempercepat terjadinya aterosklerosis dan kematian dini, biasanya karena serangan jantung.

Dalam hubungan ini, penting dibedakan antara kemampuan jantung untuk memompa pump function dengan kontraktilias otot jantung myocardial function.

MAKALAH DIET PADA PENYAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Hiperlipoproteinemia tipe IV Merupakan penyakit umum yang sering menyerang beberapa anggota keluarga dan menyebabkan tingginya kadar trigliserida. Menurut data survey, penyakit kardiovaskuler juga cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Dengan demikian hipoperfusi ginjal saja tidak menyebabkan penurunan GFR dan lesi-lesi tubulus yang terjadi pada ARF acute renal fallure.

Iskemia ginjal akan mengaktifasi sistem renin-angiotensin dan memperberat iskemia korteks setelah hilangnya rangsangan awal. Hiperkalemia, yang diakibatkan karena adanya penurunan ekskresi asidosis metabolic, Perikardistis efusi pericardial dan temponade jantung.

Biasanya terjadi diabetes ringan dan peningkatan asam urat. Disfungsi vasomotor e. Pada peritoneal dialisis, membran semipermeabel ini diganti oleh peritoneal membran pada tubuh yang banyak mengandung pembuluh darah dan dapat digunakan untuk menyaring darah.

Kadar kolesterol LDLnya tinggi. Sebagian besar individu dengan stadium dini penyakit gagal ginjal kronik tak terdiagnosis. Kenaikan sisa metabolisme proteinureum kreatinin dan asam urat. Hormon yang dihasilkan oleh ginjal yaitu hormon eritroprotein atau yang disingkat dengan EPO berfungsi untuk merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

Paru tampak bendungan vena pulmonal. End stage renal disease merupakan gagal ginjal terminal yang akan membawa kematian jika tidak dilakukan terapi dialisis atau transplantasi ginjal. Anemia yang disebabkan oleh penurunan eritroprotein, rentang usia sel darah merah, dan pendarahan gastrointestinal akibat iritasi.

Selain itu, beberapa hal perlu diperhatikan dalam menyebabkan abnormalitas elektrolit seperti rendahnya kontrol terhadap glukosa, penggunaan kalium dalam pengganti garam, atau obat yang menyebabkan hyperkalemia. Sementara itu, suplemen vitamin C tidak boleh lebih dari mg karena kendati penting untuk penyerapan zat besi mencegahkan anemiapembentukan kolagen dan antibody, vitamin C juga akan meningkatkan pembentukan oksalat.

Penyebab gagal ginjal akut meliputi: Pada tahap ini penderita ini belum merasasakan gejala gejala dan pemeriksaan laboratorium faal ginjal masih dalam masih dalam batas normal. Fungsi utama ginjal adalah memelihara keseimbangan homeostatik cairan, elektrolit, dan bahan-bahan organik dalam tubuh.

Pada pasien dialisis, akan terjadi kehilangan asam amino sebanyak gram, gram peptida dan sedikit protein per sesi dialisis. Penderita seringkali mengalami diabetes ringan dan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Di antara darah dalam glomerulus dan ruangan berisi cairan dalam kapsula Bowman terdapat tiga lapisan: Hipertensi yang disebabkan oleh retensi cairan dan natrium, serta malfungsi system renin angioaldosteron.

Pada intinya, tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Jaringan ginjal. Mengingat fungsi ginjal telah terganggu, penatalaksanaan diet difokuskan pada pengaturan dan pengendalian asupan energi, protein, cairan dan elektrolit natrium, kalium, kalsium dan fosfor.Penyakit-penyakit seperti sirosis hati, hipertensi, gagal jantung, dan penyakit ginjal dapat menyebabkan gejala demikian.

A. Prinsip Diet • Jenis dan. Pengaturan diet pada penyakit gagal ginjal yang menjalani hemodialisis sedemikian kompleks, pengaturan diet tersebut sangat sukar untuk di patuhi oleh pasien sehingga memberikan dampak terhadap status gizi dan kualitas hidup penderita (Rindiastuti, ).

Penyakit pada ginjal seperti: batu ginjal,sindroma nefrotik, glomerulonefritis akut, gagal ginjal akut, gagal ginjal akut infeksi ginjal,dan peradangan ginjal. Yang dewasa ini marak menjadi topik pembicaraan masyarakan karena jumlahnya yang terus meningkat sehingga perlu perhatian dan pengetahuan informasi tentang pentingnya asupan cairan bagi orang yang belum terjangkit penyakit ini dan diit.

Seperti gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, penyakit ginjal tahap akhir (gagal ginjal terminal), sindroma nefrotik dan batu ginjal. Mengingat fungsi ginjal telah terganggu, penatalaksanaan diet difokuskan pada pengaturan dan pengendalian asupan energi, protein, cairan.

makalah asuhan kebidanan: Gagal Ginjal Gagal jantung pada penyakit jantung bawaan jarang dimulai setelah usia 1 tahun. Di negara maju, karena sebagian besar pasien dengan penyakit jantung bawaan yang berat sudah dioperasi, maka praktis gagal jantung bukan menjadi masalah pada pasien penyakit jantung bawaan setelah usia 1 tahun.

(1) III. PATOFISIOLOGI Gagal jantung bukanlah. E. DIET PADA GAGAL GINJAL. 1. TUJUAN DIET · Gagal Ginjal Akut: 1.

Memberikan makanan secukupnya tanpa memberatkan fungsi ginjal. 2. Menurunkan kadar ureum darah.

3. Menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. 4. Memperbaiki dan mempertahankan status gizi optimal dan mempercepat penyembuhan. · Gagal Ginjal Kronis: robadarocker.com: Makalah Referat Kedokteran.

Makalah diet pada penyakit gagal ginjal
Rated 5/5 based on 87 review