Sistem reproduksi dan pertambahan berat badan pada sapi

Rekording dan Test Performans Recording adalah segala hal yang berkaitan dengan pencatatan terhadap ternak secara individu yang menunjukkan pertumbuhan dan perkembangannya. Berdasarkan besarnya kecepatan pertumbuhan, dapat dibedakan dua macam fase pertumbuhan yang dibatasi oleh titik belok titik infleksi.

Steroid kelamin terlibat dalam pengaturan pertumbuhan dan terutama bertanggung jawab atas perbedaan komposisi tubuh antara jenis kelamin jantan dan betina.

Folikel, atau folikel-folikel, tergantung pada species, mengembang dan diisi dengan cairan folikuler. Sedangkan untuk pedet diare penanggulangannya dengan pemberian antibiotic dan vitamin B-kompleks.

Masalah yang terjadi adalah kurangnya kuantitas dan kualitas pakan, harga yang cenderung tidak stabil dan tingkat ketersediaan yang secara simultan terus berkurang.

Hormon tiroid berfungsi mengatur metabolisme oksidatif dan produksi panas di dalam tubuh serta sintesis protein.

PERTAMBAHAN BOBOT BADAN DAN KONVERSI PAKAN SAPI

Pada sapi tropis membuthkan pakan perawatan relatif lebih sedikit dari dari pada subtropis. Hijauan Segar Hijauan segar adalah semua bahan pakan yang diberikan kepada ternak dalam bentuk segar, baik yang dipotong terlebih dahulu oleh manusia maupun yang tidak disengut langsung oleh ternak.

Sedangakan untuk lantai kandang sapi yang bunting beralaskan litter atau sekam yang nantinya bercampur dengan kotoran sapi untuk pembuatan kompos. Kekurangan nutrisi. Selaput mucosa vagina pucat dan otot uterus mengendor. Mucosa vagina sangat menebal dan pada beberapa species banyak sel-sel epithel berkornifikasi tanggal.

Sapi yang sakit: STH dan insulin menstimulasi enzim-enzim yang bertanggung jawab terhadap sintesis protein, sementara glukokortikoid bekerja sebaliknya. Faktor faktor yang Mempengaruhi Musim Kawin Lamanya slang hari photo-period. Agromedia 26 2. Jadi, untuk menghasilkan karkas dengan kandungan lemak yang diinginkan, rencana pemberian pakan tidak perlu memperhatikan perkembangan otot dan tulang, karena selain kepala, jaringan bebas lemak relatif tahan terhadap kekurangan nutrisi.

Oleh karena itu cara pemberiannya dilakukan sedikit demi sedikit agar ternak beradaptasi dahulu, selanjutnya pemberian ditambah sampai jumlah pakan yang sesuai kebutuhannya, sedangkan air minum diberikan secara ad libitum Anonimus, Jerami Kering Jerami padi merupakan limbah pertanakan yang dapat digunakan sebagai pakan ternak dimana limbag tersebut tersedia dalam jumlah yang relative banyak.

Dengan makanan dan manajemen yang baik seekor sapi dara dapat dikawinkan pada umur 10 sampai 15 bulan, dan kuda pada umur 2 tahun.

Pada ternak betina pubertas mulai timbul pada umur-umur: Pada sapi-sapi dara yang ditempatkan di kandang terbuka dan berhubungan dengan kondisi udara luar, pubertas dicapai pada umur hari. Kelahiran yang sering terjadi di Lolit Sapo terjadi pada malam hari, setelah pagi hari dilakukan penimbangan induk dan pedet yang baru lahir.

Insulin juga menstimulasi sintesis protein seperti halnya STH dan androgen, yaitu dengan aktivitasnya terhadap level rantai peptida. Ada juga beberapa peningkatan, akan tetapi tidak dapat disebut sebagai pertumbuhan murni dan juga bukan pertumbuhan.

Putro, P. Berbeda dengan yang jantan, caplak betina jauh lebih besar sehingga mudah dihitung. Diare Pada Pedet Sapi.Perubahan berat badan, yaitu ternak akan selalu bertambah berat yang dapat diketahui apabila dilakukan penimbangan dalam periode waktu tertentu.

Makalah Sistem Seleksi Pada Sapi Potong

Misalnya seekor sapi pada saat lahir berat badannya 25 kg dan saat mencapai umur sapih memiliki berat badan 90 kg, maka terjadi pertambahan berat badan 65 kg. 12/28/ · Penanganan reproduksi pada sapi perah sebenarnya lebih mudah daripada ternak lainnya, karena tanda-tanda berahi pada ternak betina jelas dan peternak setiap hari selalu ada di kandang.

Walaupun demikian pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam penanganan reproduksi sangat diperlukan. Tujuan penanganan reproduksi adalah untuk mencapai efsiensi reproduksi. pertambahan bobot badan harian sapi yang merumput pada padang penggembalaan ditambahkan dedak menghasilkan pertambahan bobot badan lebih tinggi (0,) kg/ekor/ hari) dibandingkan dengan ternak yang hanya merumput seharian pada padang pengembalan (0, kg/ekor/hari) dan penambahan kulit kakao (0,kg/ekor/hari).

e. stempel pada tanduk dan badan. sistem ini biasanya dilakukan dengan cara memberiakan tulisan atau nomor pada pada tanduk, atau mengunakan besi berbentuk tulisan atau nomor tertentu pada tanduk, atau pun mengunakan robadarocker.com dipanas kemudian untuk menandai tubuah sapi pada pantat bagian atas.

f. sistem stempel (merek) pada kulit. O Scribd é o maior site social de leitura e publicação do mundo. Baixe no formato DOCX, PDF, TXT ou leia online no Scribd.

Fenbendazole 10 mg/kg berat badan atau lebih aman pada ternak bunting. Pengobatan dengan Dovenix yang berisi zat aktif Nitroxinil dirasakan cukup efektif juga untuk trematoda.

Dosis pemberian Dovenix adalah 0,4 ml/kg berat badan dan diberikan secara subkutan. Pengobatan dilakukan tiga kali setahun (UMM, ). Penanganan Reproduks Sapi.

Sistem reproduksi dan pertambahan berat badan pada sapi
Rated 3/5 based on 90 review